[vd-breadcrumbs]
Ming, 09 07 2023 - 19:32 WIB - Dibaca : [vd-hits] Kali

PJ.Bupati Ajak BKIPM Bangun Kantor Di Mentawai Untuk Dukung Ekspor Ikan Dari Kepulauan Mentawai

840bf4fa-c347-41ac-bc72-050fc1c6b2fc

HUMAS PROKOPIM, PADANG – Pj.Bupati Kepulauan Mentawai Fernando Jongguran Simanjuntak, S.St,S.Pi.,M.Pi di dampingi kepala bagian Pembangunan Sekretariat Daerah Benny Sinaga, S.Kom melakukan koordinasi ke Kantor Badan Karantina Ikan Pengendalian Mutu dan Keamanan Hasil Perikanan ( BKIPM) Padang, Minggu (09/07/2023).

Pj.Bupati pada kesempatan ini menyampaikan ekspor merupakan bagian dari upaya percepatan ekonomi masyarakat di Kepulauan Mentawai sehingga pihaknya terus bergerak dan bersinergi dengan para stakehoder untuk mendukung ekspor perikanan di Kepulauan Mentawai.

“ Dalam upaya melakukan pengiriman hasil laut di Kepulauan Mentawai, perlu di lakukan pemangkasan mata rantai pengiriman, dengan membuka jalan kerjasama ekspor dan menguatkan kemitraan para pengumpul hasil laut di mentawai dan harapan kita pelaku usaha lokal di Mentawai akan menjadi eksportir,

Untuk proses pengiriman perlu di pahami kiat-kiat pengiriman hasi laut yang di butuhkan oleh mitra khususnya mutu hasil laut, untuk itu perlu penguatan mutu melalui Badan Karantina Ikan Pengendalian Mutu dan Keamanan Hasil Perikanan (BKIPM) agar tercipta mutu yang sesuai dengan permintaan para pembeli” ucap Pj.Bupati.

Lebih lanjut Pj.Bupati menyampaikan dengan beroperasinya Bandar Udara Mentawai, hal ini akan memberi peluang untuk pengiriman hasil laut, sehingga pengumpul hasil laut Mentawai kedepan mampu memutus mata rantai distribusi yang selama ini hanya sampai di Padang, tetapi berpeluang bisa langsung melakukan ekspor hasil laut mentawai.

Harapannya kedepan adanya pembukaan kantor cabang ( satker ) BKIPM di Sipora Mentawai agar mutu, data tentang hasil produksi hasil laut bisa terdata dan pembinaan mutu hasil laut bisa terjadi di mentawai serta  pelaku usaha mendapat kemudahan dalam penerbitan sertifikat hazard Analysis Critical Control Poin ( HACCP ), cara karantina ikan yang baik (CPIB), Instalasi Karantina Ikan (IKI) dan lainya.ucap Pj.Bupati.

Kepala Kantor BKIPM Padang, pada kesempatan ini menyampaikan akan berkunjung ke Kepulauan Mentawai untuk memastikan lokasi guna pembangunan kantor BKIPM di Mentawai sehingga akan membantu penguatan mutu dan keamanan hasil laut Mentawai.  

Badan Karantina Ikan, Pengendalian Mutu, dan Keamanan hasil perikanan merupakan unsur pendukung pada Kementerian Kelautan dan Perikanan Republik Indonesia yang berada dan bertanggung jawab kepada Menteri Kelautan dan Perikanan Republik Indonesia.

BKIPM Padang merupakan salah satu unit pelaksana teknis ( UPT ) BKIPM di Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) yang melaksanakan program penjamin sistem jaminan kesehatan ikan serta jaminan mutu dan keamanan hasil perikanan, dan bertujuan untuk meningkatkan kepercayaan pasar dunia akan komoditas perikanan yang sehat, bermutu dan aman dikonsumsi manusia. (yy,wr).

BERITA LAINNYA

[ratio-thumbnail size="medium" ratio="16:9" class="rounded"]
Pj.Bupati Kepulauan Mentawai Fernando Jongguran Simanjuntak Serahkan LKPD TAHUN 2023 Kepada BPK RI Perwakilan SUMBAR
[ratio-thumbnail size="medium" ratio="16:9" class="rounded"]
PENJABAT BUPATI KEPULAUAN MENTAWAI FERNANDO JONGGURAN SIMANJUNTAK HADIRI FORUM KONSULTASI PUBLIK RANCANGAN AWAL RKPD TAHUN 2025
[ratio-thumbnail size="medium" ratio="16:9" class="rounded"]
Dalam Pengentasan Kemiskinan Ekstrem Di Kepulauan Mentawai Pj.Bupati Perintahkan OPD Terkait Untuk Memperbaharui Data Masyarakat Miskin.
[ratio-thumbnail size="medium" ratio="16:9" class="rounded"]
Pj.Bupati Tinjau Perkembangan Pembangunan Bandar Udara Mentawai